Badan Pusat Statistik (BPS) mengatakan jumlah UMKM Indonesia mencapai 64 juta pada tahun 2020. Dengan angka tersebut, UMKM menjadi salah satu pendukung ekonomi nasional dengan kontribusi 60 persen dari pertumbuhan nasional Indonesia. 

Meski begitu, sektor ini juga dipukul sepanjang pandemi, yang disebabkan oleh rantai pasokan dan permintaan produk tidak seimbang. Solusi untuk mengatasi penurunan MSME adalah membentuk jaringan bisnis.

Jaringan bisnis adalah cara bagi UMKM untuk mengoptimalkan kembali potensi mereka di atas. Dalam hal ini, jaringan bisnis dapat diartikan sebagai hubungan yang saling menguntungkan antara pemain UMKM. Membangun sinergi antara UMKM, sektor swasta, dan juga pemerintah menjadi fokus utama Kemenkopm pada tahun 2021.

Pencapaian akhir pembentukan jaringan membentuk satu ikatan kerja sama di bidang bisnis yang sama untuk memberikan hasil yang lebih baik. Seperti dilansir investor Daily, lima tujuan dari Forming Networks:

a. Membangun kesadaran masyarakat terhadap eksistensi UMKM

b. Menumbuhkan minat dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan UMKM

c. Meningkatkan mutu yang relevan dengan dinamika perkembangan kebutuhan masyarakat yang tinggi

d. Terus merancang program yang inovatif, meningkatkan mutu layanan yang relevan dengan kebutuhan pasar

e. Menyatukan potensi dan kemampuan individu, kelompok, maupun seluruh jajaran organisasi UMKM, agar tercipta peningkatan kemampuan di setiap jenjang organisasi UMKM secara menyeluruh.

Jaringan bisnis adalah tempat pertemuan untuk bisnis mikro hingga banyak uang. Apa yang Anda dapatkan dari membangun jaringan bisnis? Lihat beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan di bawah ini:

A. Kontak Klien yang lebih luas: Kemungkinan Anda akan bertemu klien potensial yang lebih besar. Masyarakat atau organisasi akan membantu Anda menambahkan referensi klien juga. Dengan begitu jumlah persaingan akan berkurang.

B. Anda akan mendapatkan informasi terbaru: Banyak skema bisnis baru bermunculan. Sebagai aktor UMKM, Anda harus dapat menyesuaikan perubahan ini. Melalui komunitas atau organisasi, Anda akan mendapatkan saluran informasi bisnis yang paling diperbarui.

C. Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman: Apakah Anda kesulitan memasarkan produk Anda? Atau sebenarnya kesulitan dalam menentukan analisis modalnya? Tenang, banyak anggota dalam jaringan bisnis yang akan menjawab pertanyaan Anda. Akan ada lebih banyak pemain senior MSME, sehingga mereka dapat membantu dengan dasar pengalaman bisnis mereka.

D. Akses ke Bantuan Pemerintah: Ingin dengan mudah mengakses bantuan pemerintah? Ada dua skema bantuan yang dapat Anda lakukan: kirimkan pribadi atas nama komunitas atau organisasi, dan keduanya membangun kerja sama organisasi / masyarakat dengan pemerintah.

Selain bantuan pembiayaan, komunitas / asosiasi / organisasi aktif akan ditawarkan kerja sama di sektor pelatihan UMKM. Pelatihan ini dapat digunakan untuk ketentuan untuk memperkuat upaya. Jika Anda dimasukkan, maka pelatihan akan lebih mudah.

E. Pemecahan masalah: Solusi Ketika Anda mengalami kesulitan keuangan tidak hanya bantuan pemerintah, tetapi bantuan investor atau investor lain. Anggota komunitas dan organisasi akan dapat membuka saluran jaringan.

Cara Bergabung dengan Komunitas atau Organisasi

1. Amati beberapa komunitas

Sayangnya tidak semua komunitas / organisasi / asosiasi aktif dalam mengimplementasikan program mereka, atau setidaknya memberikan dorongan bagi anggota di dalamnya. Anda harus memilih, misalnya dengan melihat rekam jejak, bagaimana koneksi dengan program pemerintah, hingga seberapa aktif kegiatan komunitas / organisasi / asosiasi.

Cara termudah adalah melihat kegiatan di situs web atau akun media sosial. Untuk asosiasi yang membuat berita pembaruan setiap hari, mereka dapat melihat komitmen mereka terhadap pelaku bisnis. Pastikan juga Anda melihat visi asosiasi / komunitas / misi organisasi, sehingga organisasi yang Anda ikuti sejalan dengan harapan Anda.

2. Kunjungi acara bisnis

Kunjungan acara bisnis adalah cara tercepat untuk berkenalan dengan orang-orang baru dan membangun koneksi jaringan bisnis. Anda dapat menandatangani acara, bengkel, atau pertemuan komunitas seminar. Dari sini Anda biasanya akan mendapatkan informasi tentang pameran.

Berpartisipasi dalam kompetisi atau festival pertunjukan juga bisa menjadi alternator untuk berkenalan. Dengan begitu Anda akan mendapatkan dua kelebihan, Anda pertama-tama dapat memperoleh hubungan dan kedua Anda juga bisa mendapatkan konsumen.

3. Aktifkan media sosial Anda

Akun Asosiasi / Masyarakat / Organisasi Bisnis biasanya membuat akun media sosial untuk mempertahankan jaringan bisnisnya. Anda sebagai pelaku usaha, wajib menggunakan platform digital. Semakin aktif akun Anda, akan mudah untuk membiasakan diri dengan anggota masyarakat. Anda juga dapat menggunakan media sosial sebagai rebranding bisnis, dari sana pihak lain dapat menilai kredibilitas bisnis Anda.

Pengembangan jaringan bisnis adalah untuk mengimplementasikan program kerja, untuk mengadakan diskusi interaktif. Melalui berbagai program kerja yang ditawarkan oleh jaringan bisnis,, dinamis, dan jaringan kerja yang berkelanjutan yang solid akan muncul.